Selasa, 11 Januari 2011

koperasi Indonesia

PERINGKAT KOPERASI Berprestasi Mulai 2010 PDF Print
23-10-2009

Dalam rangka meningkatkan kinerja dan memberikan motivasi kepada gerakan koperasi agar dapat berfungsi dengan baik sebagai lembaga ekonomi, Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), akan melakukan kegiatan Pemeringkatan Koperasi dan Penilaian Koperasi Berprestasi 2010. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan Kementerian Koperasi sejak 2007 dan bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat bahwa banyak sekali koperasi yang maju dan berkembang di sekitar kehidupan masyarakat.

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Untung Tri Basuki mengatakan, pada tahun 2010 mendatang, program kegiatan pemeringkatan dan penilaian koperasi berprestasi akan terus dilaksanakan. "Secara garis besar pelaksanaan program ini tidak akan jauh berbeda dengan pro-gram pemeringkatan dan penilaian koperasi berprestasi pada tahun 2009," ungkap Untung.

Menurutnya, meskipun memiliki konsep yang sama tapi diharapkan pada tahun mendatang hasil pemeringkatan dan penilaian yang dilakukan terhadap lebih kurang 12.000 koperasi di Indonesia ini, dapat disebarluaskan kepada masyarakat. "Kami mengharapkan segala hasil yang diperoleh dari pelaksanaan program ini dapat disebarluaskan melalui berbagai media massa sehingga semakin banyak lagi masyarakat yang mengetahui sepak terjang koperasi-koperasi di Indonesia selama ini," lanjutnya.

Terdapat beberapa kiteria yang digunakan sebagai bahan penilaian pemeringkatan dan penilaian koperasi berprestasi. Konsistensi koperasi yang akan dinilai dalam menjalankan prinsip perkoperasian, menjadi salah satu tolok ukur utama penilaian.


pemerintah maunya lebih memperhatikan lagi keadaan koperasi di Indonesia,agar pertumbuhan perekonomian Indonesia akan semakin membaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar